KINERJA GURU BERSERTIFIKASI (GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) DI SMPN 9
PALANGKA RAYA
SKRIPSI
Diajukan untuk Melengkapi dan Memenuhi Syarat
Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
Oleh :
RENITA MIFTAQUL JANNAH
NIM.1001111434
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
PALANGKA RAYA
JURUSAN TARBIYAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
1435 H/ 2014 M
PERSETUJUAN
SKRIPSI
JUDUL : KINERJA GURU
BERSERTIFIKASI (GURU
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) DI SMPN 9
PALANGKA RAYA
NAMA : RENITA MIFTAQUL JANNAH
NIM : 1001111434
JURUSAN : TARBIYAH
PROGRAM
STUDI : PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM (PAI)
JENJANG : STRATA SATU (S1)
Palangka Raya, Oktober 2014
Menyetujui :
Pembimbing I,
Drs. Fahmi,M.Pd
NIP.
19610520 199903 1 003
|
Pembimbing II,
Mukhlis Rohmadi,M.Pd
NIP. 19850606 201101 1 016
|
|
|
Mengetahui :
|
|
Wakil Ketua I
Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga,
Drs. Fahmi,M.Pd
NIP. 19610520 199903 1 003
|
Ketua Jurusan Tarbiyah,
Triwid
Syafarotun Najah, M.Pd
NIP. 19710914 200312 2 001
|
NOTA DINAS
Hal : Mohon Diuji Skripsi Palangka Raya, Oktober 2014
Saudari Renita Miftaqul Jannah
Kepada
Yth. Ketua
Panitia Ujian Skripsi
STAIN Palangka Raya
di-
Palangka Raya
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Setelah membaca, memeriksa dan mengadakan
perbaikan seperlunya, maka kami berpendapat bahwa skripsi saudara:
Nama : RENITA
MIFTAQUL JANNAH
NIM : 1001111434
Judul
: KINERJA GURU
BERSERTIFIKASI (GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) DI SMPN 9 PALANGKA RAYA
Sudah dapat diujikan untuk memperoleh Gelar
Sarjana Pendidikan Islam.
Demikian atas perhatiannya diucapkan terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Pembimbing
I,
Drs. Fahmi,M.Pd
NIP. 19610520 199903 1 003
|
Pembimbing
II,
Mukhlis Rohmadi,M.Pd
NIP. 19850606 201101 1 016
|
PENGESAHAN
Skripsi yang berjudul KINERJA
GURU BERSERTIFIKASI (GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) DI SMPN 9 PALANGKA RAYA
Oleh RENITA MIFTAQUL JANNAH NIM : 1001111434 telah
dimunaqasyahkan pada Tim Munaqasyah Skripsi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
(STAIN) Palangka Raya pada :
Hari
: Kamis
Tanggal : 22 Dzulhijjah 1435 H
16 Oktober 2014 M
Palangka Raya, Oktober 2014
Tim Penguji:
1.
Dr. Hj.
Hamdanah,M.Ag (..................................................... )
Ketua Sidang/ Penguji
2.
Dr.
Tutut Sholihah,M.Pd (..................................................... )
Anggota/ Penguji I
3.
Drs.Fahmi,M.Pd (..................................................... )
Anggota/ Penguji II
4.
Gito
Supriadi,M.Pd (..................................................... )
Sekretaris Sidang/
Penguji
Ketua
STAIN Palangka Raya
Dr
Ibnu Elmi A.S Pelu,S.H.,M.H
NIP. 19750109
199903 1 002
PERFORMANCE OF
CERTIFIED ISLAMIC EDUCATION TEACHERS AT STATE JUNIOR HIGH SCHOOL OF
PALANGKARAYA
ABSTRACT
Performance within professional teachers context is
activities include planning, implementation of the plan or teaching and
learning process, and evaluation of the teaching and learning.
There is no difference between performance of certified
teachers and those uncertified. This assumption has become polemics and is
worth-testing. Therefore, the present study aimed at investigating performance
of qualified teachers at state junior high school 9 of Palangkaraya.
|
The result of the study showed the performance of teachers
teaching Islamic education subject at senior high school 9 of palangkaraya is
generallt well with total mean score at 3.0 from all components of scored
teachers’ performance. The data specification can be seen from certified Islamic
education teacher’s performance in constructing Lesson Plan (with total mean
score at 3.4 from all observed categories), in conducting the teaching and
learning process (with total mean score at 2.9 from all observed categories),
in initiating and ending lesson (with total mean score at 2.9 from all observed
categories), in conducting variations in language teaching (with total mean
score at 3.2 from all observed categories), in giving questions (with total
mean score at 2.8 from all observed categories), in giving reinforcement (with
total mean score at 3 from all observed categories), and in planning,
implementing and evaluating the teaching and learning process (with total mean
score at 2.7 from all observed categories)
Keyword:
performance
KINERJA GURU BERSERTIFIKASI (GURU PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM) DI SMPN 9 PALANGKA RAYA
ABSTRAK
Kinerja
atau unjuk kerja dalam konteks profesi guru merupakan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan
pembelajaran atau KBM, dan melakukan evaluasi hasil belajar.
Kinerja guru yang sudah menyandang
sertifikasi menurut kepala sekolah bahwa sudah sertifikasi atau belum terlihat
sama saja. Asumsi tersebut menjadi sebuah polemik yang layak digali
kebenarannya. Oleh karena itu, dengan penelitian ini dapat diketahui deskripsi
kinerja guru PAI bersertifikasi di SMPN 9 Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan
metode deskriptif kualitatif dengan pengambilan sampel secara purposive
sampling (sampel bertujuan). Sumber data diambil dari 1 orang guru PAI bersertifikasi yang mengajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
dengan informan penelitian sebanyak 2 orang (Kepala Sekolah dan Guru). Teknik pengumpulan data yang
peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini
menggunakan 3 (tiga) tahapan analisis yaitu; 1) Data Reduction (pengurangan
data), 2) Data Display (penyajian data), 3) Conclusion
Drawing/Verification (penarikan kesimpulan/verifikasi).
Hasil Penelitian menunjukkan
bahwa kinerja guru PAI bersertifikasi di SMPN 9 Palangka Raya secara
umum sudah baik dengan rata-rata skor total sebesar 3,0 dari semua komponen
kinerja guru yang dinilai.
Rincian data tersebut dapat dilihat dari kinerja guru PAI bersertifikasi
dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara keseluruhan adalah
baik dengan rata-rata skor keseluruhan yaitu 3,4 dari semua kategori yang
diamati. Kinerja guru PAI bersertifikasi dalam Pelaksanaan Pembelajaran secara
keseluruhan adalah cukup baik dengan rata-rata skor keseluruhan yaitu 2,9 dari
semua kategori yang diamati. Kinerja guru PAI bersertifikasi dalam kegiatan
guru membuka dan menutup pembelajaran secara keseluruhan adalah cukup baik
dengan rata-rata skor keseluruhan yaitu 2,9 dari semua kategori yang diamati. Kinerja
guru PAI bersertifikasi dalam pelaksanaan variasi stimulus pembelajaran secara
keseluruhan adalah baik dengan rata-rata skor keseluruhan yaitu 3,2 dari semua
kategori yang diamati. Kinerja guru PAI
bersertifikasi dalam pelaksanaan keterampilan bertanya secara keseluruhan
adalah baik dengan rata-rata skor keseluruhan yaitu 2,8 dari semua kategori
yang diamati. Kinerja guru PAI bersertifikasi dalam kemampuan guru dalam
memberikan penguatan secara keseluruhan adalah baik dengan rata-rata skor
keseluruhan yaitu 3 dari semua kategori yang diamati. Kinerja guru PAI
bersertifikasi dalam kemampuan guru merencanakan pelaksanaan pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran adalah cukup baik dengan
rata-rata skor keseluruhan yaitu 2,7 dari semua kategori yang diamati.
|
|
sukses ya....istriku...
BalasHapus